Minggu, 18 April 2010

microsoft excel


Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program lembar penjabaran yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem – sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS DOS karena disana sudah ada saingannya yakni Lotus 1-2-3.

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul pada November 1987. Microsoft dengan menggunakan keunggulannya, rata – rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Winows terakhir adalah Microsoft Excel 2007.

Excel menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan program lembar penjabaran yang mendahuluinya. Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau rumus dengan berisi referensi absolut atau referansi relatif terhadap sel lainnya. Excel juga menawarkan perhitungan kembali terhadap sel – sel secara cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilainya.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk Mengaplikasi, yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsu – fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna.

Cara Kerja Excel
a. Sel
Excel menggunakan satuan penyimpan data yang disebut Cell/sel. Setiap sel mampu
menampung angka, label, atau rumus. Seperti terlihat pada gambar 2, kotak‐kotak
dalam tampilan Microsoft Excel tersebut menunjukkan sel. Operasi dalam Excel
dilakukan dalam sel tersebut.
Sel tersebut memiliki alamat sesuai dengan Baris dan Kolom. Kolom diwakili oleh huruf A
s/d Z,kemudian berlanjut AA,AB dan diakhiri dengan IV. Sedangkan baris diwakili oleh
Angka 1 s/d 65.536. Seperti tampak pada gambar 2, Cell Pointer terletak pada alamat
F13.
b. Perpindahan antar Sel
Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain dapat digunakan tombol panah (←↑→↓) pada
keyboard. Apabila sel yang diinginkan tidak tampak di layar maka gunakan scroll bar
yang ada di bagian bawah dan samping kanan layar.
c. Range
Operasi dalam excel mengenal istilah range. Range adalah kumpulan dari beberapa sel.
Ini dapat berupa gabungan antara 2 sel s/d ribuan sel. Misalnya range antara B4 hingga
F17 maka disebut Range B4:F17.
d. Worksheet
Di sebelah kiri bawah program excel yang aktif akan tampak sheet 1, sheet 2 dan sheet
3. Ini menunjukkan lembar kerja (worksheet) yang disediakan oleh program excel. Dalam
satu file excel bisa terdiri dari beberapa worksheet sesuai kebutuhan.
i. Untuk menambah worksheet gunakan langkah berikut ini
Klik Kanan >> Insert >> Worksheet >> Ok
ii. Untuk menghapus worksheet gunakan langkah berikut ini
Klik Kanan >> Delete >> Tekan Enter
iii. Untuk mengubah nama worksheet gunakan langkah berikut ini
Klik Kanan >> Rename >> Ubah nama worksheet
iv. Untuk mengatur urutan worksheet gunakan langkah berikut ini
Klik Kanan >> Move or Copy >> Pilih akan dipindah ke mana
e. Mengedit Sel
Mengedit data dalam sel dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
i. Mengedit data dalam sel
Klik data pada sel >> Klik data pada formula bar >> Ketik data baru pada formula
bar >> Tekan tombol Enter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar